cover
Contact Name
Ibrahim
Contact Email
jurnalbiologieducation@serambimekkah.ac.id
Phone
+628126940323
Journal Mail Official
azwir@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Jl. Unmuha, Batoh, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Biology Education
ISSN : 2302416X     EISSN : 25492330     DOI : https://doi.org/10.32672/jbe.v10i1
Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan Oktober. jurnal ini menyajikan hasil penelitian di bidang pendidikan Biologi, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Lesson Study, Pembelajaran lainnya dan penelitian Multi Disiplin Ilmu
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Biologi Education" : 3 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-MIA1 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Seri Amalia
Jurnal Biology Education Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jbe.v10i2.4944

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) pada siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya pada tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 13 perempuan dan 8 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) pada mata pelajaran Biologi. Hal ini terbukti dari rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 74,30% dengan kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 90,50% dengan kategori sangat baik. Dan peningkatkan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I yaitu 62% (13 siswa tuntas) mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86% (18 siswa tuntas). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamens (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi jaringan tumbuhan di kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya tahun pelajaran 2022/2023
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING SISWA KELAS IX MELALUI METODE HOLISTIK MEMANFAATKAN ALAT PERAGA CSC DI SMP NEGERI 3 SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA Dedi Fajriadi
Jurnal Biology Education Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jbe.v10i2.4947

Abstract

Kemampuan Speaking siswa Kelas IX khususnya, masih perlu ditingkatkan. kurangnya perhatian siswa terhadap speaking skill adalah sebagai akibat dari encouragement guru pada umumnya agar siswa dapat mengekspresikan diri dalam bahasa yang mereka pelajari. Penulisan ini adalah Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Setia Bakti. Penulisan dilakukan di kelas IX dari bulan Juli s.d September 2021 mata pelajaaran Bahasa Inggris semester Ganjil tahun pembelajaran 2021-2021. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses belajar aktif dengan metode Holistic dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 62,50%, 75%, dan 87,2%.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN SMART APPS CREATOR (SAC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA Seri Amalia
Jurnal Biology Education Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Biologi Education
Publisher : Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jbe.v10i2.4988

Abstract

Tujuan dari penulisan Best Practice ini adalah untuk mengetahui Apakah penggunaan media pembelajaran berbasis android dengan Smart Apps Creator (SAC) dapat meningkatkan motivasi belajar biologi peserta didik SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-MIA1 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya pada tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 13 perempuan dan 8 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil Pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android yang berisikan materi sistem gerak berlangsung dengan aktif, peserta didik termotivasi untuk mengekplorasi materi yang disediakan guru melalui aplikasi. Mereka berdiskusi di dalam kelompok masing-masing dengan penuh semangat. Ini memberikan mereka pengalaman baru bagaimana memanfaatkan android untuk pembelajaran dengan cara yang lebih menarik. Hal ini juga sesuai dengan hasil yang didapat bahwa media pembelajaran berbasis android yang kembangkan dengan menggunakan aplikasi Smart Apps Creator (SAC) pada pembelajaran biologi materi sistem gerak menunjukkan hasil yang positif, terlihat respon peserta didik terbanyak dengan persentase 76,44 dengan kategori baik. Kesimpulan (1). Berdasarkan hasil implementasi pembelajaran Penggunaan  media pembelajaran berbasis android dengan aplikasi Smart Apps Creator (SAC)  diperoleh hasil yang menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. (2). Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi sistem gerak kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. adalah Baik, dengan persentase 76,44%. 

Page 1 of 1 | Total Record : 3